Catatan Kaum Santri

Lima Menu Masakan Istimewa Ala Santri

CS-an-  Sepertinya tidak ada habis-habisnya jika berbicara tentang santri. Bagaimana tidak? santri yang berlajar disebuah pesantren bertahun-tahuan bahkan berpuluh tahun, secara tidak sadar memunculkan berbagai macam tradisi yang unik dan menarik, yang tidak akan selesai untuk dikupas. salahsatunya menu masakan. Mungkin bagi sebagaian orang, selera makanan santri tidak jauh berbeda dengan orang yang tidak nyantri, padahal santri memiliki selera yang lain daripada yang lain dalam soal makanan. Berikut ini akan dipaparkan Lima Menu Masakan Istimewa Ala Santri.

Lima Menu Masakan Istimewa Ala Santri
  • Terong
Jika terong menjadi lauk-pauk masakan, maka sudah barang tentu ini masakan paling istimewa bagi seorang santri. Biasanya, terong dimasak dengan cara dipanggang, ataupun digoreng dengan bumbu kacang ala pecel. Sudah itu saja, istimewa.
  • Ikan Asin
Peringkat kedua, Ikan Asin. Entah kenapa ikan asin memiliki cita-rasa yang berbeda jika dimakan dipesantren. Bisa dipastikan seluruh santri sepakat bahwa ikan asin memiliki nilai rasa yang tinggi (dengan dominasi asin tentunya), apalagi jika proses penggorengannya sampai gosong (item), ditambah sambel pedas yang semakin mengundang selera. 

Mungkin sebagian santri beralasan, ikan asin menjadi istimewa lantaran dapat dimakan sedikit demi sedikit, sehingga irit. Namun yang jelas Jangankan rasanya yang maknyus, baunya yang khasnya-pun juga istimewa. 
  • Tahu Tempe
Tahu dan Tempe, termasuk sederet  lauk pauk populer ala santri. Ibu khos (indekhos), rasanya tidak afdhol jika tidak menyuguhkan lauk pauk yang dikenal dengan sebutan "batako" (tempe), dan "Gabus" (julukan untuk tempe)
  • Sayur Bayem
Sebenarnya tidak hanya sayur bayem yang menjadi menu istimewa, sayur mayur yang lain juga bisa dilahap tuntas oleh kang santri. namun sayur mayur ini relatif mudah didapat sehingga, para santri tidak kerepotan mengolah dan mengkonsumsinya. Biasanya, dibeberapa pesantren sayur bayem tumbuh subur dipekarangan pondok, atau dibalakang pesantren. Dengan cara dibuat kuah, dengan campuran garam yang banyak, dapat dijadikan teman nasi yang banyak pula (maklum pengiritan)
  • Mie Instan
Mie Instan, menjadi salah satu menu favorit santri. Bahkan biasanya tidak dimasak dengan air panas, cukup dimakan mentah-mentah dengan cara dihancurkan, dan dicampur dengan bumbunya (seperti ayam kremes-krems lah). Atau, bagi santri yang pemalas, biasanya cukup menggunakan air biasa (tanpa dipasankan). Yah itulah santri.

Dan sebenarnya masih banyak menu istimewa santri lainnya, namun kami kira itu yang paling dominan. Demikiannya catatan tentang Lima Menu Masakan Istimewa Ala Santri yang bisa dibagikan. mungkin diantara sahabat ingin menambahkan sesuai dengan topik? jangan lupa dan laa tansa tinggalkan komentarnya.
Tag : Ala Santri
0 Komentar untuk "Lima Menu Masakan Istimewa Ala Santri"

Back To Top