Catatan Kaum Santri

Dahsyat, Ini Dia 6 Keistimewaan Hari Jumat

Chanel Santri - Bagi kalangan pesantren, Hari jumat merupakan hari yang sangat istimewa. Bagaimana tidak, biasanya hari jumat merupakan hari libur bagi lembaga pendidikan tertua di Indonesia ini. Biasanya para santri memanfaatkan hari jumat dengan berbagai kegiatan ringan. Mislanya, dengan cuci baju, potong rambut, olahraga, atau bersih-bersih kamar.

Dahsyat, Ini Dia 6 Keistimewaan Hari Jumat
Image Source
Jika di lembaga formal hari ahad sebagai hari libur, Pesantren memilih hari jumat sebagai hari libur kegiatan pesantren sebagai pilihannya tentu bukan tanpa alasan. Ternyata hari jumat memiliki banyak sekali keistimewaan yang dimiliki hari jumat ini. Berikut ini 6 keistimewaan hari jumat, yag tidak dimiliki oleh hari yang lain.

al-Imam al-Habib Abdullah bin alawi al-Haddad [Penyusun Ratib al-Haddad], setidaknya menyebutkan 6 keistimewaan hari jumat. beliau berkata :
  1. Hari Jumat Merupakan Hari yang paling mulia diantara hari-hari yang lain.
  2. Nabi Adam As. diciptakan pada hari jumat
  3. Kiamat terjadi pada hari jumat
  4. Penduduk surga diperkenankan mengunjungi Allah swt.
  5. Para Malaikat menyebut hari jumat dengan sebutan Hari Mazid "Hari Tambahan" [dikarenakan pada hari jumat, banyak sekali pintu rahmat Allah swt. yang dibuka]
  6. Terdapat waktu yang diharasiakan. yang mana jika seorang mukmin berdoa pada hari jumat ini, dan kebetulan sesuai dengan waktu rahasia tersebut, niscaya doanya akan terkabul.
Disarikan dari : I'anah al-Thalibin; Juz 2 Hal. 8

Dari keistimewaan-keistimewaan diatas, maka maklum pada hari jumat biasanya pondok pesantren meliburkan kegiatan pesantren. dengan harapan memberikan waktu kepada para santri untuk memanfaatkannya untuk menyibukkan diri dengan memperbanyak ibadah dan tidak disibukkan dengan kegiatan yang lain.

Dan diharapkan bagi kita semua sebagai seorang muslim agar tidak menyia-nyiakan hari jumat ini. khususnya demi mendapatkan ramhat-rahmat Allah swt. dan tentunya menggaai waktu rahasia tersebut. [admin]



Tag : Yang Unik
0 Komentar untuk "Dahsyat, Ini Dia 6 Keistimewaan Hari Jumat"

Back To Top